Wednesday, March 23, 2011

PARODI PANTOMIM SANG PENGADIL (PPSP)


Realita Hukum Rakyat & Hukum (kep-)Aparat

Pantomim ini menceritakan tentang kondisi penegakan hukum di Indonesia akhir-akhir ini. Dengan proyeksi kasus Gayus Tambunan, Artalita Suryani, Susno Duadji,  Aulia Pohan, dan isu-isu hangat lainnya.

Tutorial       : Pantomim diperankan oleh 8 orang. Terdiri dari 4 orang sebagai “mafia peradilan” dan 2 orang berperan sebagai pengadil yang mbalelo. 2 orang akan menjadi narator di belakanag panggung.


Stage 1 :

Suatu malam di LP Brimob Dua Mangga, Koped. Jayus dan Hartalita sedang merencanakan “renofasi” rumah baru mereka di dalam LP.

Jayus        : Mbak Curiyan-i, koq bisa ya saya masuk penjara yang bisa pesan apa saja? Opo yang saya lakukan selama ini kurang heboh?
Harta        : Lho, kamu kan mafia kelas tempe. Kalo bukan karena rekaman dari KPK, saya mungkin sudah bisa beli kepala Pak Beye. Hehe.. (tertawa angkuh sambil kipas2)
Jayus        : Ya… Kalau gitu Mbak Harta koq betah disini? Toh bisa dengan gampang dolanan pejabat di Negeri Indronesia. Saya juga sebenarnya pengen ngajak temen2 yang lain supaya nge-Top seperti saya.
Harta        : Maksudmu opo toh?
Jayus        : Yo temen2 saya yang biasanya nilap duit pajak. Hehe..
Harta        : Ya ora bisa..!!!! Kalau semua koruptor kayak kita ini ngaku gara-gara pengen nge-top, saya jadi tidak bisa mainin orang-orang di DPR lagi dong, goblok banget sih kamu..!!
Jayus        : Saya kan masih baru Mbak Cui. Oiya, si Cusno Jeruji sudah balik ke kamarnya belum? Saya mau minta oleh-oleh.
Harta        : Oleh-oleh? (heran dan kaget)
Jayus        : Lho, Mbak Cui, nggak tahu kalo Bang Cus habis liburan ke rumah? Makannya saya mau minta oleh2 sama dia…hohoho (tertawa agak menyindir, berdiri dan meregangkan otot).
Harta        : Walah, saya juga mau ntu oleh2. Bang Cus pulang kapan emangnya?
Jayus        : Hemmm…. Saya tidak tahu, sepertinya kemaren sore. (kembali duduk)
Harta        : Oooo… (berdiri, dan melihat2 sejenak, menghela nafas panjang)

(Dari balik kamar terdengar suara Cusno Jeruji dan seorang perwira polisi ber-bintang. Mereka sepertinya menuju ke tempat Harta dan Jayus. Sambari membawa buntelan, Cusno mesem-mesem dan mengamati Jayus dan Harta, mengelilingi mereka berdua)

Cusno      : Assalamu’alaikum, selamat malam rekan-rekan korban kemunafikan. Mas Jayus dan Mbak Hartalita. Hehe… (tertawa-tawa kegirangan)
Harta        : Ooooo… Raimu, mana oleh-olehnya?
Cusno      : hahaha.. tahu aja kalau saya habis pulang kampong!
Harta        : Hemmm… Lagakmu Cus!

(Cusno merogoh kantung plastik yang ditentengnya. Mengeluarkan buntelan. Hartalita dan Jayus langsung merangsek. Kemudian membuka buntelan tersebut)

Jayus        : Juancok…!! Ini kan berkas saya buat persidangan bulan depan! Lha koq bisa ditangan Mas Cus?
Cusno      : Tenang boy, saya kan yang menjebloskan kamu ke sini. Tapi, sekarang saya juga mendekam disini. Hahaha…. Ini kan cuma kong-kalikong hukum. Lha hukum disini mudah dibeli. Makannya kamu tak jadikan kelinci percobaan. Hehehe…
Jayus        : Halah, ora opo-opo. Saya juga pengen kasih contoh buat temen-temen mafia pajak lainnya. Supaya cepet sadar.
Harta        : Mbelgedes…! Sudahlah, saya mau tidur duluan.
Cusno      : Monggo..!!
Jayus        : Jangan lupa pipis dulu Mbak Cui, nanti springbad-nya harus ganti lagi…!!
Harta        : (dari kejauahan, dengan berjalan) Asu…!!!

(Jayus dan Cusno tertawa terbahak-bahak, berjalan… dan mereka pun kembalil masuk ke kamar “hotel” mereka masing-masing)

Stage 2

(Pagi hari. JaHat sedang menikmati pagi di depan kamarnya sambari berbicara dengan seseorang melalui telepon)

Jayus        : Pak APon, saya mbok di kasih ilmu sedikit.
APon        : Ilmu apa? Perpajakan? Hahaha…
Jayus        : Kalau yang itu sudah afdhol Pak Pon. Ilmu jadi Turis Tahanan itu lho pak. Saya merasa belum terlalu popular dengan apa yang sudah saya lakukan. Hahahaha…
APon        : Oooo.. pengen tambah terkenal? Jadi Napi Tenar maksudnya?
Jayus        : Weeeeiiiiittttssss….. Muwantep itu pak Pon. Itu yang saya mau.. Hahaha..!!
APon        : Gampang itu ma, uang dari nilap pajak masih ada berapa?
Jayus        : Tenang, masih bisa untuk beli Air Force One-nya Om Obama dan Burj Dubai koq… hahahaha.
Apon        : Ok..!! nanti saya hubungi Pak Koplo.
Jayus        : Siiiipppp..!!! Fuck U Pak APon…
APon        : Gundulmu….!! Hahaha
Jayus        : Hahahaha…. (tut-tut-tut, telepon di tutup, melamun dan mengigau) Enaknya ke mana ya? Kalau ke Singapore, sudah. Ke Malaysia, kemaren baru di hajar Timnas 5-1. Ke Korea, ada perang saudara. Ke Bali? Ah, telepon isteri dan anak-anak dulu deh.. (kembali memainkan handphone, tut—tut—tut. “Maaf, orang yang anda hubungi sedang dipakai, mohon tunggu giliran)… Halo my darling, my hanny, my lovely…!!
BuJus       : Halo my hunny bunny bulus. Ada apa Pa?
Jayus        : Besok liburan ke Bali yuk…!!!
BuJus       : Kalau Cuma sehari, mama nggak mau. Minimal seminggu. Wkwkwkwk..
Jayus        : Gampang…!! Anak-anak masih hidup kan ma?
BuJus       : Masih, mau bikin lagi?
Jayus        : Ah, mama. Masak harus papa jelasin sih? Ya pasti mau lah
BuJus       : Iiiiichhh… Papa, gemes deh mama..

(tut---tuttt---tut, Maaf. Sisa pulsa anda disita KPK. Harap maklum dan sabar).

Jayus        : Oooo…. Guapleki. KPK Gendeng. Dasar KPK, Kumpulan Pengemis Katrok. (marah-marah dan mengumpat KPK, dan meinggalkan stage)
Sipir          : (dengan lagak petantang-petenteng, memberikan semacam tiket travel kepada Jayus) Pak Jayus, ini kiriman buat bapak..!!
Jayus        : Ho oooo… Terimakasih, emmm..
Sipir          : Anu Pak Jayus, biasa…,.,. ceperan. Hehe..
Jayus        : (mengeluarkan dompet dari saku) ini, sedikit aja dulu.. nanti pasti ada lagi.. hahaha.
(lantas mereka tertawa terbahak-bahak berdua, sipir segera meninggalkan Jayus)
Jayus        : Ahhh… Dasar polisi geblek, baru di kasih 2 juta sudah ngangguk-ngangguk nurut.. Poslisi (Pusat Orang Songong yang Latihan Korupsi) Hwahahaha.. Inddonesia… Indonesia…

Stage 3

(Jayus dan BuJus sedang menikmati keindahan kota Mbali yang eksotik. Mereka terlihat mesra, sesekali bertatapan dan melempar senyum, melihat-lihat barang dagangan. Selang beberapa menit kemudian, seorang berbadan keceng menghampiri Pak Jayus. Orang tersebut ternyata adalah seorang Interpol)

Intel          : Eh, Pak Jayus ya? Apa kabar? Sudah keluar dari penjara pak?
Jayus        : Sudah,.,. Tapi besok sudah balik lagi koq. Tenang saja..!! (BuJus melihat-lihat sekitar, seolah-olah ingin berbelanja sesuatu)
Intel          : Hee? (terheran, geleng2 kepala) Pak Jayus sedang apa disini?
Jayus        : Mau nonton pertandingan tenis, Ana Ivanovic itu lho..!! Sekalian rencanain sensasi baru di ranah hukum Indonesia. hehe…
Intel          : O oooo. Gitu to pak!! Oh iya, boleh foto pak? Dikit aja boleh..!!
Jayus        : Boleh,, boleh,, mau pose gimana?
(intel memotret Jayus dengan berbagai gaya)
Intel          : Ok, terima kasih Pak Jayus. Sampai ketemu lagi.
Jayus        : Iya, sama-sama. Sampai jumpa…

(intel beranjak meninggalkan Jayus, Jayus pun segera menghampiri BuJus, lalu mereka melenggang pergi)

Stage 4

(Hartalita menghampiri Cusno yang sedang membaca koran di ruang tamu LP)

Harta        : Ada kabar baru apa Bang Cus?
Cusno      : Biasa, Masih tentang mafia hukum.
Harta        : Alaaahh… masih itu-itu aja!! Foto saya sekarang koq jarang nongol di koran-koran ya? Apa perlu saya buat sensasi biar nge-top lagi?
Cusno      : Telat, ni si Jayus, mukanya udah nongol disini. Haha.. senior ternyata bisa kalah juga sama junior. Hehe.. Sabar ya Mbak Curiyan-i !!!!
Harta        : Sebentar! Mana korannya (merebur koran Cusno)
Cusno      : Wouiiiitss… Kalem Mbak..
Harta        : Weleh-weleh, Guaplek ni orang…
(tiba-tiba Jayus menampakkan diri di hadapan Hartalita dan Cusno)

Jayus        : Woi, (membentak) pada ngapain? Tersepona sama foto-foto saya ya? Hahaha… Harta              : Sombooonggg..!!!
Jayus        : Jayus Hukum Turbulance gitu..!!

“Assalamu’alaikum. Bapak Jayu Hukum Turbulance ada?!!” teriak orang dari luar ruangan.
Jayus        : Waalaikumsalam, ada. Silahkan masuk pak!!
Sipir          : Maaf, Pak Jayus harus ikut kami untuk pemeriksaan lanjutan. Atas keluarnya bapak dari LP. Mari ikut saya!!
Jayus        : Hehe, lihat kan Mbak Harta, Bung Cusno. Saya bakal terkenal lagi. Hahaha..!!!
Sipir          : Biasa pak, pemeriksaan sebagai formalitas saja. Saya tunggu ceperan dari bapak selanjutnya. Hehe.. nanti juga pak Jayus bisa ke Mbali lagi. Saya diajakin juga tapi pak..!!
Jayus        : Tenang saja, tenang. Semua bisa di atur. Lha, orang saya Jayus Bulus..!! haha… Mbak Hartalita, Pak Cusno.. Saya duluan ya..!!! Bye…bye…!!! Hahaha..

(Jayus dan Sipir keluar ruangan. Hartalita dan Cusno geleng-geleng kepala, mesam-mesem, dan tepuk tangan, mengajak audience untuk tepuk tangan)

Selesai


No comments:

RESTORASI ARSIP KONVENSIONAL

RESTORASI ARSIP KONVENSIONAL Hasil Obervasi Restorasi Arsip Nasional RI dan Sinematek Indonesia Iswanda Fauzan S. ( LIS Rese...