Sunday, September 15, 2013

Research Review: Dampak Perpustakaan Digital terhadap Aktifitas Belajar Mahasiswa





Survei/penelitian ini menitikberatkan pada fungsi pelayanan perpustakaan pada perguruan tinggi. Sebagai salah satu komponen penting di dalam perguruan tinggi, peran perpustakaan dalam pencapaian mahasiswa di perguruan tinggi tersebut. Untuk itu, Association of College and ResearchLibraries (ACRL) pada tahun 1999 menyetujui Information Literacy Competency Standard for Higher Education. Hal ini merupakan jawaban dari pertanyan, “how are our user changed by contact with libraries?” Standard ini kemudian diperbaiki pada tahun 2004.

Setelah puluhan tahun perguruan tinggi banyak berinvestasi pada sumber-sumber elektronik dan infrastruktur digital, apakah hal tersebut sudah mencapai hasil yang diinginkan? Hingga saat ini, parameter statistic tidak mampu menjelaskan secara detail tentang bagaimana mahasiswa menggunakan layanan elektronik guna mendukung aktivitas akademik demi tercapainya tujuan yang dia inginkan.

Penelitian ini dilaksanakan Rodiguez di Davidson College (DC). DC adalah perguruan tinggi yang terakreditasi dalam bidang keseniann (art) di kota Davidson, California Utara. DC memiliki 1.700 mahasiswa. Perpustakaan DC terletak di tengah-tengah kampus dan ramai dikunjungi pemustaka, baik untuk koleksi tradisional – tercetak, koleksi digital, dan layanan referensi. Data yang digunakan Rodriguez pada penelitian ini diambil dari awal tahun 2005 hingga November 2005.

No comments:

RESTORASI ARSIP KONVENSIONAL

RESTORASI ARSIP KONVENSIONAL Hasil Obervasi Restorasi Arsip Nasional RI dan Sinematek Indonesia Iswanda Fauzan S. ( LIS Rese...